Sunday 21 June 2015

Istilah Dalam Tenis

ace (as) : servis yang tidak dapat dijangkau atau dikembalikan oleh lawan

advantage/ad : angka pertama yang diraih setelah deuce. Apabila pemain yang memegang servis mendapat angka, ini disebut ad in (keuntungan berada di pihaknya). Kalau pemain yang menerima servis mendapat angka, maka keuntungan pemegang servis akan hilang

all (sama) : posisi angka seri ( 30 sama, 3 sama, dsb)

alley : daerah antara garis luar lapangan untuk nomor tunggal dan ganda di kedua sisi lapangan.(garis luar lapangan untuk nomor ganda lebih lebar daripada nomor tunggal dengan tambahan alley tersebut)

approach : pukulan yang dilakukan sambil berlari mendekati jaring untuk membuat lawan berada di posisi bertahan

backcourt (lapangan bagian belakang) : daerah antara garis servis dan garis belakang

backhand : pukulan untuk membalikkan bola yang dilakukan saat bola berada disebelah kiri pemain yang menggunakan tangan kanan dan saat itu bola berada disebelah kanan pemain kidal

choke-up : memegang raket diatas kepala

crosscourt shot (pukulan silang) : pukulan yang dilakukan secara menyilang

deep service (servis dalam) : servis yang jatuh didaerah servis dekat garis servis lapangan lawan

deep shot (pukulan dalam) : pukulan yang jatuh dekat garis belakang lapangan lawan

deuce : kedudukan angka 40-40 (angka seri dab setiap pemain sudah mendapatkan paling sedikit 3 angka)

deuce court : lapangan bagian kanan, dinamakan demikian karena setiap kali angka didapat dalam posisi deuce, servis dilakukan dibagian lapangan tersebut

double fault : apabila pemain gagal dalam melakukan servis sebanyak dua kali kesempatan, maka pemain akan kehilangan angka

double : pertandingan yang terdapat empat pemain, dua orang disetiap tim

down-the-line shot (pukulan lurus) : bola yang jatuh menyusur garis luar lapangan

drop shot : bola yang segera jatuh di depan jaring setelah melewatinya

fault : kesalahan saat melakukan servis

flat stroke (pukulan/servis datar) : pukulan yang meluncur datar dengan sedikit lengkungan dan putaran

foot fault : kesalahan yang terjadi karena pemain menginjak garis belakang/bagian belakang lapangan pada saat melakukan servis

forhen : pukulan untuk mengembalikan bola yang dilakukan saat bola berada disebelah kanan pemain yang menggunakan tangan kanan dan saat bola berada disebelah kiri pemain kidal

game (babak) : suatu bagian dari set yang diselesaikan setelah salah satu pemain/tim mendapat 4 poin, atau 2 poin berturut-turut setelah deuce

in : bola yang jatuh di bagian lapangan lawan

ground stroke (pukulan pantul) : pukulan, forhen maupun back hand yang dilakukan setelah bola memantul lapangan

let : pengulangan permainan yang disebabkan oleh gangguan. juga terjadi di saat servis menyentuh jaring bagian atas dan jatuh dibidang permainan lawan dan harus diulang

lob (pukulan panjang) : pukulan tinggi yang diarahkan hingga melewati kepala lawan yang mendekati jaring

lob volley : pukulan lob yang dilakukan dengan meelambung

net game : permainan yang dilakukan pada saat kedua pemain berada di depan net

out : bola yang jatuh diluar bagian daerah servis lawan

overhead : pukulan yang dilakukan pada saat bola berada diatas kepala pemain

poin : bagian terkecil skor, diberikan kepada pemain saat lawan tidak dapat mengembalikan bola dengan baik

rally : serangkaian pukulan masuk yang dilakukan secara berturut-turut dan juga prosedur dalam latihan saat pemain saling memukul dan mengembalikan bola

service break : babak (game) yang dimenangkan pemain penerima servis

servis : pukulan pertama untuk setiap poin

set : penilaian yang diberikan kepada pemain/tim yang telah memenangkan: a).  enam game/lebih dengan selisih dua game dengan lawan, b). enam game dan tie break saat kedudukan 6 sama

shot : memukul bola melewati jaring dan jatuh di bidang permainan lawan

single : pertandingan antara dua orang pemain

slice : memukul bola dengan efek memutar bola

smash : pukulan di atas kepala yang dilakukan dengan keras

spin : putaran bola

stroke : tindakan memukul bola dengan raket

tie break game : sistem yang digunakan pemenang set saat kedudukan 6 sama

volley : memukul bola sebelum bola menyentuh tanah

Istilah dalam MOTOGP 
Berikut ini tersaji daftar kata, terminologi, atau istilah yang biasanya digunakan dalam dunia MotoGP.

Apex
Titik paling rapat dari suatu tikungan yang mana biasanya pembalap melaluinya sebelum mulai keluar tikungan dan berakselerasi.

Braking Marker
Titik nyata yang digunakan oleh pembalap untuk mengetahui dimana dia harus mulai mengerem saat akan memasuki tikungan. Penanda ini bisa berupa pohon, papan iklan, tanda di trek atau hal lainnya yang bisa dipakai oleh pembalap untuk memandu pola pengereman pembalap.

Chicane
Bagian trek yang terdiri dari dua tikungan kearah yang berbeda dan berjarak dekat. Sebuah tikungan ke kiri yang diikuti oleh tikungan ke kanan atau sebaliknya dan seperti huruf S jika dilihat dari udara.

Compounds (Komponen)
Jenis karet atau campuran karet yang digunakan sebagai penyusun ban.

Curbstones
Terletak pada sisi trek atau sesaat setelah tikungan yang digunakan untuk memandu pembalap dan sebagian besar dicat dengan dua warna dan mencolok.

Displacement
Kapasitas atau isi silinder mesin motor, biasanya dinyatakan dalam satuan centimeter kubik (cc), contoh 1000cc, 600cc, atau 250cc.

Dry Race    
Balapan yang dinyatakan kering oleh Race Direction. Pembalap menggunakan ban slick. 

Dorna
Dorna Sports adalah perusahaan yang mengatur MotoGP.

Endo    
Juga disebut Stoppie, yaitu trik untuk menghentikan motor dengan cepat sehingga membuat ban belakang terangkat dari aspal. Kebalikan dari wheelie.

Fairing    
Bagian badan terluar dari motor yang melindungi motor dan pembalap dari debu dan hembusan angin. Fairing didekorasi dengan warna tim, logo sponsor, dan nomor balap.

FIM
The Fédération Internationale de Motorcyclisme adalah badan yang mengatur semua olahraga motor di seluruh dunia.

Gas    
Istilah lain untuk throttle atau handle akselerasi.

GP (Grand Prix)
Event balap yang berlangsung selama tiga hari mencangkup ketiga kelas dalam kejuaraan dunia MotoGP, yaitu kelas MotoGP, Moto2, dan Moto3. GP akhir pekan terdiri dari dua hari latihan dan kualifikasi dan diikuti oleh sesi warm-up dan balapan untuk setiap kelas pada hari terakhir. Saat ini ada 18 balapan GP pada kalender MotoGP.

Grid
Kumpulan titip start pada trek lurus start/finish sirkuit, dimana pembalap berkumpul pada permulaan setiap  balapan. Berbaris sesuai dengan hasil kualifikasi mereka untuk memulai balapan.

Hairpin
Tikungan yang sangat sempit yang harus dilalui dengan lebih perlahan dan biasanya berbentuk U atau V.

High Side    
Kecelakaan dimana ban belakang motor tergelincir dan kemudian mendapatkan cengkeraman kembali sehingga membuat bagian belakang motor terlempar ke atas setelah mendapatkan grip.

Hole-shot    
Artinya memimpin balapan sejak tikungan pertama.

Homologation
Pengesahan trek dan motor yang digunakan dalam balapan MotoGP merupakan proses perizinan yang dilakukan oleh FIM dan komite yang berhubungan.

IRTA
International Road-Racing Teams Association yang mewakili seluruh tim yang mengikuti ajang Grand Prix. 

Low Side
Kecelakaan yang mana salah satu atau kedua ban motor kehilangan daya cengkeram dan tidak bisa kembali mendapatkan traksi yang mengakibatkan motor tergelincir dari bawah pembalap.

Lean Angle (Sudut Tikungan)
Adalah sudut kemiringan antara pembalap dengan garis vertikal. Hal ini terjadi saat pembalap merebahkan motornya ke arah trek pada suatu tikungan dengan kecepatan tinggi. Lutut dan siku pembalap sering menyentuh permukaan aspal ketika berada pada sudut tikungan maksimum.

MSMA    
Motorcycle Sports Manufacturers’ Association mewakili kepentingan seluruh konstruktor yang terlibat dalam balap motor. 

Parc Fermé
Area pada pit lane yang didesain sebagai tempat parkir pembalap yang naik podium pada setiap kategori dan diwawancarai oleh kru televisi sesaat setelah setiap balapan.

Paddock    
Area yang berbatasan dengan pit-box yang terletak pada sisi yang berlawanan dengan pit lane dimana tim dan pembalap memarkirkan motorhome dan peralatan mereka selama Grand Prix. 

Pit-box
Garasi sementara yang memiliki akses langsung menuju pit lane dan didesain untuk suatu tim yang berpartisipasi pada salah satu dari tiga kelas MotoGP. 

Pit Crew    
Manajemen tim, mekanik, dan asisten mereka.   

Pit Lane    
Lajur akses yang biasanya berbatasan dengan main straight pada sirkuit dan berada di antara pit-box dan sirkuit. 

Podium    
Tempat perayaan kemenangan bagi ketiga pembalap tercepat pertama yang menyelesaikan balapan Grand Prix.

Pole Position atau Pole
Posisi mulai awal untuk balapan yang diperoleh dengan mencatatkan waktu tercepat pada sesi kualifikasi.

Qualifying (Kualifikasi)
Ketiga kelas baik MotoGP, Moto2, maupun Moto3 harus mengikuti kualifikasi satu hari sebelum balapan dimulai. Hasil kualifikasi akan menentukan posisi grid start balapan. Pembalap tercepat akan mendapatkan posisi terdepan dan seterusnya.

Race Direction
Tim yang terdiri dari perwakilan dari Dorna, FIM, dan IRTA pada setiap Grand Prix untuk mengambil keputusan seperti menyatakan apakah kondisi balapan kering atau basah. 

Ride Through    
Prosedur penalti dimana pembalap yang melakukan jump start sebelum balapan secara resmi dimulai diminta untuk berkendara melalui jalur pit. 

Rookie    
Pembalap yang berkompetisi pada tahun pertamanya di kelas manapun.

Rostrum
Istilah lain untuk podium.

Scrutineering
Istilah MotoGP untuk pengecekan dan inspeksi. Scrutineer bertanggung jawab untuk mengecek dan memastikan agar partisipan tidak melanggar peraturan.

Slipstream    
Adalah mengikuti pembalap lain persis di belakangnya pada trek lurus dan memanfaatkan aliran udara disekitarnya dan motornya dengan membangun momentuk untuk menyalipnya di area yang memiliki tekanan angin yang lebih rendah di belakang pembalap lain tersebut.

Slicks
Ban yang tidak memiliki alur, didesain khusus untuk digunakan pada balap jalan raya dan terbuat dari komponen yang lembut sehingga memberikan daya cengkram yang optimal tanpa memperlambat motor.

Swingarm (Lengan Ayun)
Bagian belakang motor dimana tempat dipasangnya roda belakang dan bergerak naik turun dengan suspensi belakang.

Tyre Wall (Dinding Ban)
Tumpukan ban yang digunakan sebagai perintang tabrakan untuk mengurangi kerusakan dan cidera pada saat terjadi hantaman. 

Wet Race (Balapan Basah)
Balapan dengan kondisi cuaca yang mempengaruhi permukaan trek diaggap basah, kebalikan dari kering. 

Wheelie
Akrobat yang biasanya dipertunjukkan oleh pembalap dalam perayaan, dimana ban depan terangkat dari permukaan trek karena akselerasi keras dan melepaskan kopling dengan cepat.

Wild Cards
Pembalap nonkontrak yang mengikuti balapan pada saat tertentu saja, berlawanan dengan kompetitor tetap.

No comments:

Post a Comment